Sunday, April 21, 2013

WISATA TANGGAMUS ,,,,,,

WISATA WISATA DITANGGAMUS

1. TELUK KILUAN


teluk Kiluan memang belum seterkenal Teluk Lampung atau Teluk Semangka yang sama-sama terletak di Provinsi Lampung. Teluk ini bahkan jarang tercantum di peta. Padahal, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 80 kilometer dari Bandar Lampung atau sekitar 60 kilometer dari Kota Agung, ibu kota Kabupaten Tanggamus.





Agak sulit untuk mencapai Teluk Kiluan. Apabila ingin menggunakan mobil pribadi, kendaraan terpaksa parkir di Desa Bawang, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Lampung Selatan. Dari sana, perjalanan diteruskan dengan ojek. Tarif ojek dari Desa Bawang hingga ke Teluk Kiluan sebesar Rp 30.000. Padahal, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 10 kilometer.


Rupanya, kondisi geografis yang sulit membuat tukang ojek memasang tarif tinggi. Untuk menuju Teluk Kiluan, motor itu harus mendaki Gunung Tanggang (1.162 meter). Jalan berupa tanah itu sangat sempit dan licin di waktu hujan.

Apabila enggan memompa adrenalin lewat jalan darat, Teluk Kiluan dapat dicapai lewat laut. Dari Teluk Betung, Bandar Lampung, teluk ini dapat dicapai dalam waktu tiga jam.

Tidak hanya kedamaian yang didapat dari mengunjungi teluk ini. Laut yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia itu juga kaya akan berbagai jenis biota laut seperti ikan, terumbu karang, dan berbagai jenis organisme lainnya. Salah satu yang khas di Teluk Kiluan adalah atraksi lumba-lumba di laut lepas.

Setidaknya ada dua spesies lumba-lumba di Teluk Kiluan. Spesies pertama, yang berbadan lebih besar dengan tubuh berwarna abu-abu dan sedikit pemalu, adalah Lumba-lumba Hidung Botol (Tursiops truncatus). Lumba-lumba yang lain adalah Lumba-lumba Paruh Panjang (Stenella longirostris), yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat.

Kedua jenis lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia. Lumba-lumba senang mendekati perahu atau kapal yang tengah melintas di laut. Dari jauh, tampak sirip mereka, mirip antena kapal selam yang semakin lama semakin mendekat.

Setelah dekat, lumba-lumba pun berloncatan, bergantian menyelam, timbul tenggelam, hampir tidak ada jarak dengan perahu. Mereka seolah berlomba menunjukkan diri kepada manusia dan mudah disentuh. Lumba-lumba itu tampak sangat menggemaskan, ingin rasanya memeluk dan menciumi mereka. ”Rasanya ingin menarik satu dari laut dan menciumnya,” ujar Martin, seorang pengurus Yayasan Ekowisata Cinta Kepada Alam (Cikal) yang berperahu ke tengah laut untuk melihat lumba-lumba.



2. PANTAI TERBAYA




3. PANTAI MULANG SAYANG


Pantai Mulang Sayang terletak di Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus. Anda dapat menempuh perjalanan kira-kira satu jam dari Kota Agung (Ibukota Kabupaten Tanggamus) dengan mobil menuju tempat wisata ini. Pantai landai yang Anda temui sangat indah, dihiasi dengan pohon kelapa yang banyak tumbuh di sekitar pantai. Namun keindahan yang Anda temui tidak dibarengi dengan ketersediaan fasilitas untuk berwisata, jadi Anda disarankan untuk membawa bekal sendiri. Selain itu belum adanya toilet cukup menyulitkan bagi para wisatawan yang berdatangan. Selain pantai ini, di sepanjang pesisir terdapat pemandangan pantai yang sangat indah, sayang untuk dilewatkan.



4. WAY LALAAN



0 komentar:

Post a Comment